ASRAMA CILIMUS INDAH (ACI)

Jalan Cilimus No.11 RT.07 Bandung | WhatsApp 0896-8097-1923 | www.acikostputri.com

ASRAMA CILIMUS INDAH (ACI)

Jalan Cilimus No.11 RT.07 Bandung | WhatsApp 0896-8097-1923 | www.acikostputri.com

ASRAMA CILIMUS INDAH (ACI)

Jalan Cilimus No.11 RT.07 Bandung | WhatsApp 0896-8097-1923 | www.acikostputri.com

KOST TAHUNAN KHUSUS MAHASISWA UPI BANDUNG

FPEB FIP FPMIPA FPIPS

Mukadimah

Asrama Cilimus Indah (ACI) Koordinat: 6°51'26"S 107°35'27"


Keluarga Bapak HAJI ROSADI sebagai pengelola/Pemilik ACI KOST PUTRI Mengucapkan SELAMAT DATANG Kepada calon Mahasiswa yang diterima di kampus UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA (UPI) Bandung.

Bila Anda Termasuk Calon Mahasiswi UPI yang berniat sungguh-sungguh Datang ke Bandung untuk KULIAH Dengan TEKUN dan Tetap Menjunjung tinggi BUDAYA TIMUR dan MENOLAK Penyalahgunaan NARKOBA dan MENOLAK PERGAULAN BEBAS, kami Menawarkan TEMPAT KOST KHUSUS PUTRI Yang Insya ALLOH Cocok untuk wanita seperti Anda.

WhatsApp : 0896 8097 19XX
WAJIB : BACA TATA TERTIB YANG BERLAKU *

UNTUK ANTISIPASI PESAN SPAM..
SYARAT BISA TANYA TANYA KOSAN, SEBELUMNYA WAJIB KETIK DULU
DATA LENGKAP CALON ANAK KOST :

# NAMA LENGKAP

# N I K /NO.KTP

# NO HP AKTIF

# LINE ID

# EMAIL AKTIF

# SMA ASAL

# KOTA ASAL

# JURUSAN DI UPI

# SNMPTN/SBMPTN/MANDIRI (pilih)

# TAHUN MASUK UPI

KETIK DARI HP ANAK YANG AKAN KOST KIRIM KE WA 0896 8097 1923

..

Jurusan UPI yang DIANJURKAN kost di ACI

FIP, FPEB, FPMIPA, FPIPS, FPBS

*> tidak ada kegiatan kampus setelah jam 17.30

Jurusan UPI TIDAK dianjurkan kost di ACI

FPSD ( Fak.seni), FPOK, FPTK


Fak.SENI :
Sering Ada kegiatan kampus lewat jam 21.00, sedangkan di ACI berlaku Jam Malam (22:00-06:00), berisik alat musik, sdg di aci tdk boleh bawa alat musik / tdk boleh berisik
*) mutlak tdk terima, krn konflik aturan (berpotensi tdk nyaman utk smua pihak)


FPOK :

argumen, memiliki 2lokasi kampus ,jl.setiabudi dan cicaheum,sering berisikin bawa teman
*) masih bisa kost di ACI dg syarat

FPTK :

argumen, jarak relatif lebih jauh (tp setiap tahun slalu ada fptk kost di ACI
*) masih bisa kost di ACI dg syarat








FAQ : Jawaban Atas Pertanyaan Anda



SYARAT BERTANYA KIRIM IDENTITAS JELAS (NO SPAM)





aci kost putri dekat kampus upi bandung



FAQ : HALAMAN JAWABAN DARI YANG PALING SERING DITANYAKAN


> GUNA MENGHEMAT WAKTU, MOHON TIDAK DITANYAKAN LAGI DALAM SMS.


aci kost putri dekat kampus upi bandung


T : Apa ACI KOST PUTRI itu ?

J : Asrama Cilimus Indah (ACI) Kost Khusus Putri Baik-baik

aci kost putri dekat kampus upi bandung



T : Harus ya pake istilah baik-baik

J : Untuk saat ini harus, karena semakin banyak calon "Mahasiswi" yang cari kost khusus putri, tapi berharap boleh nerima teman laki-laki ke dalam kamar asrama, dan bisa pulang bebas semaunya bahkan sampai larut malam. semoga dengan keyword "Khusus Putri Baik-baik" calon anak kost semacam ini tidak sampai kost di ACI, karena akan menjadi virus tidak baik bagi anak kost lainnya yang mungkin awalnya punya niat baik memilih kost disini.


aci kost putri dekat kampus upi bandung




T : Jadi kalo Kost ACI tidak boleh nerima tamu ke dalam Asrama ? bagaimana kalo ada tugas kelompok,dll.

J : Ya TiDAK BOLEH, apapun alasannya. termasuk "modus" untuk Belajar kelompok. karena Anda bisa memilih tempat lain diluar ACI. sebaiknya usahakan memilih anggota tugas kelompok sesama wanita, dan bahkan kalo memungkinkan sesama anak kost ACI dan atau yang kost di daerah Cilimus, biar waktu belajar anda lebih efektif dan efisien.

aci kost putri dekat kampus upi bandung



T : Kami kan butuh teman laki-laki selama kost di bandung karena jauh dari orang tua.
J : Kami menghargai argumen anda, tapi sebaiknya silahkan Anda pilih tempat kost yang bebas / campur/ tidak ada tata teribnya, karena di ACI ada Tata Tertib yang Wajib ditaati Anak Kostnya, demi terwujudnya Keamanan dan Kenyamanan Bersama.

aci kost putri dekat kampus upi bandung



T : Apa hubungan Tamu Laki-laki boleh ke dalam dengan keamanan
J : Semakin sedikit orang asing masuk Asrama kita, kita berharap semakin sedikit potensi/peluang tindak kejahatan terjadi. dan selain itu kita lebih mudah dan mengontrol keamanannya.
Ada hal yang lebih penting mengutip dari sebuah hadits nabi "Jauhilah Zina.." maknanya kita diperintahkan mengantisipasi terjadi hal semacam itu (baca:Pergaulan Bebas)

aci kost putri dekat kampus upi bandung



T : Siapa saja Laki-laki yang boleh masuk Asrama

J : Bapak Kandung, Pemilik Asrama, Karyawan Asrama, dan Tukang yang sedan
bekerja di Asrama.


aci kost putri dekat kampus upi bandung



T : Kalau Kakak kandung atau saudara laki laki boleh masuk Asrama

J : Tidak Boleh, kecuali berkunjung bersama Ayah/ibu kandung (Datang dan Pulang Bareng) hal ini untuk mengantisipasi Modus Penghuni Kost mengaku-ngaku kakak atau sepupu (pengalaman kami), bahkan ada orang tua yang mengenalkan Pacar anaknya sebagai Kakaknya karena sudah direstui orang tua, selain itu Logikanya walau Dia ke Anda adalah Kakak kandung, tapi ke penghuni lain bukan, terutama ada keberatan dari penghuni yang umumnya sudah berhijab, kadang mereka harus membuka hijab saat di kamar.

aci kost putri dekat kampus upi bandung

T : Dimana kami bisa menerima Teman Laki-laki

J : Dalam keperluan terbatas bisa di teras Rumah Depan disediakan kursi, dengan Syarat dan ketentuan

aci kost putri dekat kampus upi bandung




T : Mengapa Ada syarat dan Ketentuan

J : Tadinya tidak ada karena kami berpikir mereka sudah dewasa, bisa memahami apa

yang boleh dan tidak boleh dilakukan, kenyataan tidak semua penghuni seperti itu

mungkin sudah terbiasa di tempat sebelum di ACIKOST.

aci kost putri dekat kampus upi bandung




T : Apa Syarat dan ketentuan Menerima tamu di teras Rumah pemilik ACI KOST PUTRI.

J : Syarat dan Ketentuan Utama, Tidak Boleh Nyampah, gaduh, terutama Mesum/Zina

(baca:berpelukan,ciuman,dll), selain itu pulang SEBELUM jam 10 Malam, jangan

terlalu berlama-lama agar teman lain bisa menerima temannya juga, Untuk berlama

lama sebaiknya main keluar saja.

aci kost putri dekat kampus upi bandung



T : Apakah ada JAM MALAM di ACI KOST PUTRI

J : PASTI ADA JAM MALAM, kan ACI KOST PUTRI yaitu antara jam 10 Malam - 6pagi,

Pada Jam Malam tersebut Penghuni ACI KOST PUTRI dilarang keluar masuk

Asrama, atau masih ada di sekitar gerbang dan teras Asrama.

aci kost putri dekat kampus upi bandung



T : Bagaimana kalo ada kegiatan malam lebih dari jam 10 Malam.

J : Jangan Pulang ke Asrama, dianjurkan nginap di teman di luar ACI KOST PUTRI

maupun PONDOK AMMARA. Untuk jurusan Seni / Bahasa/FOK yang sering ada

kegiatan malam tidak dianjurkan kost di ACIKOST.


aci kost putri dekat kampus upi bandung



T : Bagaimana bila penghuni melanggar Tata Tertib ACIKOST PUTRI.

J : Akan diberi tindakan tegas seperti dikeluarkan dari AcI sebelum jatuh tempo tanpa penggantian apapun. termasuk uang kost sisa waktu kontrak; tidak di ijinkan memperpanjang kontrak pada tahun berikutnya, dan tentunya pada tahap awal akan di teguran-teguran secara lisan maupun tetulis/SMS/Telpon.


aci kost putri dekat kampus upi bandung



T : Berapa Jarak ACI KOST PUTRI ke KAMPUS UPI BANDUNG

J : Dekat, sektar 200 Meter, menggunakan alat Provider Tower Telkomsel.

aci kost putri dekat kampus upi bandung



T : Berapa Lama waktu yang di butuhkan dari ACI KOST PUTRI ke KAMPUS UPI

J : 5 Menit dengan jalan kaki

(HEMAT BIAYA TRANSFORTASI Rp. 730rb s/d Rp.3,65jt pertahun)

aci kost putri dekat kampus upi bandung



T: Fasilitas Umum apa saja dalam radius 1KM dari ACI KOST PUTRI

J : Warung Nasi banyak, Warung sembako, Mini Market,Warnet, ATM BNI, ATM BRI

ATM MANDIRI, ATM BCA, dll. Puskesmas, Apotek, Terminal Ledeng,Pencucian

Motor, Tambal Ban, Bengkel Motor, Salon, dll.


aci kost putri dekat kampus upi bandung




T : Berapa Ukuran kamar terbesar yang ada di ACI KOST PUTRI.

J : 6Mx3M ; 5M x 3M ; 4M x 5M atau sekitar 15M2- 20M2 (Persediaan Terbatas*)

aci kost putri dekat kampus upi bandung



T : 1 Kamar boleh di isi berapa orang penghuni

J : dianjurkan hanya 1 orang penghuni perkamar, tapi untuk memahami keadaan

ekonomi beberapa penghuni boleh 2 orang,bahkan s/d 3 orang, tapi kami sangat
tidak menganjurkan karena sedekat apapun teman anda saat SMA belum tentu

selalu cocok kalo 24jam dalam 1 kamar, hal ini akhirnya akan menggangu aktifitas

anda secara keseluruhan sehari-hari bila terjadi konflik


aci kost putri dekat kampus upi bandung



T : Berapa Tarif Kamar Termurah yang ada

J : Setiap Tahun ada penyesuaian.

Periode Kontrak Juli Tahun 2015/2016 kamar mandi diluar 5Juta Pertahun, Kamar mandi di Dalam Rp.6Juta/tahun


aci kost putri dekat kampus upi bandung




T : Apakah Tarif tersebut hanya kamar saja

J : Tidak kami sudah menyediakan Kasur/Springbed + Lemari Pakaian + Meja Belajar

aci kost putri dekat kampus upi bandung




T : Apakah sekamar boleh untuk berdua

J : Boleh Dengan tambahan biaya

aci kost putri dekat kampus upi bandung



T : Berapa Tambahan biaya kalo nambah orang

J : Tambah 1 orang, nambah uang kost hanya 1juta/tahun.

aci kost putri dekat kampus upi bandung



T : Apakah kalo berdua dapat tambahan kasur / lemari

J : Tidak, kalo ingin sekamar berdua harus mau berbagi fasilitas kamar yang ada. bila tidak yakin bisa berbagi. kami sarankan pilihlah sendiri aja.



aci kost putri dekat kampus upi bandung




T: Bagaimana jika a
da yang melakukan pembatalan kontrak,
J : Uang yang sudah dibayarkan Angus semua, kecuali ada kebijakan tertentu dari pemilik pemotongan bisa hanya sekitar 2juta perorang dengan syarat dan ketentuan.
(revisi : 9 Mei 2016)


aci kost putri dekat kampus upi bandung



Masih dalam proses penambahan pertanyaaan yang paling sering ditanyakan...


Semua pertanyaan yang sudah terjawab disini Mohon Agar tidak ditanyakan lagi baik melalui SMS,WhatsApp maupun langsung, jadi bila sudah cocok tinggal Bayar Uang Kost (Hehe biar Simple gak pake basa basi lagi)



Link YouTube
ACI KOST PUTRI DEKAT KAMPUS UPI BANDUNG: https://www.youtube.com/playlist?list=PLfyYN2ayuo-IQcZAi1oUxOAtd2TbCCEAv

Cara Menghitung Biaya Listrik PLN




Kali ini saya akhirnya merasa perlu bikin posting " Cara Menghitung Biaya Listrik PLNCara Menghitung Biaya Listrik PLN " biar gak terlalu salah mengkakulasikan berapa sebenarnya listrik yang harus kita bayar.

Salah Cara Menghitung Biaya Listrik PLN kalo hanya iseng di dalam rumah tangga itu tidak terlalu jadi masalah, tapi kalo udah ngomongin meteran listrik yang dipakai bersama dengan orang lain dan dibayar patungan seperti halnya di kos-kosan bisa jadi saling berprasangka antara pemakai dan pengurus listrik.

Pernahkah anda mendengar kalimat pribahasa " Tong Kosong Nyaring Bunyinya..". banyak diantara anak kos yang awam terhadap Cara Menghitung Biaya Listrik PLN ini, tapi paling lantang protes padahal biasanya orang seperti ini dari pengalaman mimin bertahun-tahun alat listriknya paling banyak dan bayarnya sering nunggak hehe.. karena dia tidak pernah merasakan kena denda bayar apalagi pemutusan Listrik sementara oleh PLN, karena udah ditombokin oleh uang temen-temen kosan lainnya.

Banyak anak kosan yang ngegerutu tagihan saya mahal, padahal di kamar saya tidak bawa apa-apa hanya bawa laptop, dan hanya bawa rice coocer, dan hanya bawa dispenser, dan hanya bawa tv 20inch, dan hanya bawa radio compo, belum lagi lampu kamar tidur dan kamar mandi masing-masing 20watt gak dia hitung, selain itu dia gak mau tau listrik teras depan kamar plus jetpump nyalanya pake listrik juga. Ada yang lebih Fantastis dia ngebandingin Tagihan Listrik kosan yang rata-rata daya 3500VA dengan tagihan rumah-rumah dikampungnya yang rata-rata pake daya sekitar 450VA. Lebih hebatnya anak kost seperti ini Langsung menolak bila diberi kesempatan dia saja yang kelola Tagihan Listrik teman-temannya dengan harga yang menurut dia murah.

Nah mudah-mudahan postingan ini bisa sedikit membantu kepada sukarelawan/pengurus listrik di kos-kosan untuk mendapat sedikit bantuan dalam mencari bahan menjelaskan mengapa biaya iuran listrik di kos-kosan tidak sama dengan dikampung halamannya. intinya membuat semua penghuni merasa paham dengan apa yang harus mereka keluarkan untuk biaya listrik kamar kosannya.

Sebelumnya kita harus memahami dulu TDL ( Tarif Dasar Listrik ) PLN yang selalu naik, bukanlah tarif sebenarnya yang akan kita bayarkan secara Ril, karena TDL hanya acuan dasar penerapan biaya yang sesungguhnya nanti. selain itu kit harus tahu bahwa Tarif Dasar Listrik PLN setiap Daya yang berbeda itu berbeda pula TDL nya. itu baru unsur-unsur tarif intern PLN.

Selain Tarif Dasar Listrik PLN yang berbeda beda untuk setiap daya meter, perlu dipahami pula unsur lain yang membuat tagihan anda menjadi bengkak, yaitu PPJ dari pemerintah (Pajak Penerangan Jalan) unsur ini bisa sampai 10% dari tagihan listrik ril tiap bulannya. Misal tagihan listrik kita Rp.1000.000,- setelah ditambah PPJ dengan asumsi PPJ 10% adalah 1.000.000 + (10% X 1.000.000) hasilnya tagihan kita akan melambung menjadi Rp.1.100.000,-

Dari unsur PLN ada juga biaya beban yang tarifnya berbeda-beda pula setiap golongan daya nya, dan satu lagi yang tersembunyi yang juga menjadi faktor melambungnya tagihan listrik PLN kita yaitu Beban Biaya Minimal Pemakaian 40Jam nyala dikali Daya Listrik Pelanggan diterapkan PLN (dengan unsur ini sekalipun Listrik kita matikan dalam sebulan penuh, Tagihan kita bisa mencapai dari 200.000/bulan. misal meter dengan Daya 3500VA yang dimatikan total dari Meterannnya akan tetap kena tagihan PLN sekitar rp.218.000/bulan (data dari pengalaman kami bulan agustus 2015)

Selain PPJ pajak penerangan jalan tadi untuk tagihan di atas Rp.250.000,-  pemerintah kita menerapkan lagi Pajak Materai sebesar Rp.3.000,-


Tidak berhenti disitu, ada unsur pihak ke3 yang membantu PLN dalam pengadaan loket pembayaran PLN agar pelanngan PLN tidak harus datang ke kantor PLN yang jaraknya mungkin bisa kiloan meter untuk daerah tertentu, kalo dulu hanya Kantor KUD (  koperasi Unit Desa  ) kalo sekarang lebih dominan dikelola Bank , dan sebagian Toko yang akan menerapkan biaya administrasi untuk jasa yang mereka berikan. kita ambil paling mudahnya aja, administrasi bank dikisaran Rp.3.000-Rp.5.000/tagihan listrik kita.

Nah setelah tahu unsur-unsur apa saja yang menyertai Jumlah Total tagihan Listrik kita, kita kembali dulu ke TDL ( Tarif dasar Listrik PLN ) yang membuat sebagian orang awam berprasangka kepada pengurus listrik Kolektif. sebelumnya saya mohon maaf apabila ada ketidak akuratan 100% dengan TDL yang saya cantumkan karena hampir tiap  bulan ada penyesuaiaan Tarif oleh PLN yang lebih cenderung berupa kenaikan TDL kalopun ada penurunan tarif hanya Rp1-Rp5 /kwh (bulan september 2015) jadi saya coba dengan acuan tarif terakhir bulan Juli 2015 saja.
TDL R-1 450VA adalah Rp.   /KWH
TDL R-1 900VA adalah Rp.  /KWH

TDL R-1 1300VA adalah Rp.  1.352/KWHTDL R-1 2200VA adalah Rp.   1.352/KWH

TDL R-2 3500VA adalah Rp.   /KWH
TDL R-2 5500VA adalah Rp.   /KWH
untuk datasnya saya pikir tidak usah saya cantumkan yang pasti lebih mahal

Maaf postingan ini masih dalam proses penyempurnaan, tapi saya tetap terbitkan segera karena inti-inti permasalahan yang sering timbul diakibatkan salah cara hitung Tarif Tagihan Listrik ini sudah terpapar di postingan ini.

Mudah-mudahan menjadi pencerahan bagi kita masyarakat pengguna Listrik PLN (PERUSAHAAN LISTRIK NEGARA) dan menjadi bahan evaluasi bagi PLN dan pemerintah untuk dapat menyesuaiakan dengan isi undang-undang NKRI.

Semoga ..




Kali ini saya akhirnya merasa perlu bikin posting " Cara Menghitung Biaya Listrik PLNCara Menghitung Biaya Listrik PLN " biar gak terlalu salah mengkakulasikan berapa sebenarnya listrik yang harus kita bayar.

Salah Cara Menghitung Biaya Listrik PLN kalo hanya iseng di dalam rumah tangga itu tidak terlalu jadi masalah, tapi kalo udah ngomongin meteran listrik yang dipakai bersama dengan orang lain dan dibayar patungan seperti halnya di kos-kosan bisa jadi saling berprasangka antara pemakai dan pengurus listrik.

Pernahkah anda mendengar kalimat pribahasa " Tong Kosong Nyaring Bunyinya..". banyak diantara anak kos yang awam terhadap Cara Menghitung Biaya Listrik PLN ini, tapi paling lantang protes padahal biasanya orang seperti ini dari pengalaman mimin bertahun-tahun alat listriknya paling banyak dan bayarnya sering nunggak hehe.. karena dia tidak pernah merasakan kena denda bayar apalagi pemutusan Listrik sementara oleh PLN, karena udah ditombokin oleh uang temen-temen kosan lainnya.

Banyak anak kosan yang ngegerutu tagihan saya mahal, padahal di kamar saya tidak bawa apa-apa hanya bawa laptop, dan hanya bawa rice coocer, dan hanya bawa dispenser, dan hanya bawa tv 20inch, dan hanya bawa radio compo, belum lagi lampu kamar tidur dan kamar mandi masing-masing 20watt gak dia hitung, selain itu dia gak mau tau listrik teras depan kamar plus jetpump nyalanya pake listrik juga. Ada yang lebih Fantastis dia ngebandingin Tagihan Listrik kosan yang rata-rata daya 3500VA dengan tagihan rumah-rumah dikampungnya yang rata-rata pake daya sekitar 450VA. Lebih hebatnya anak kost seperti ini Langsung menolak bila diberi kesempatan dia saja yang kelola Tagihan Listrik teman-temannya dengan harga yang menurut dia murah.

Nah mudah-mudahan postingan ini bisa sedikit membantu kepada sukarelawan/pengurus listrik di kos-kosan untuk mendapat sedikit bantuan dalam mencari bahan menjelaskan mengapa biaya iuran listrik di kos-kosan tidak sama dengan dikampung halamannya. intinya membuat semua penghuni merasa paham dengan apa yang harus mereka keluarkan untuk biaya listrik kamar kosannya.

Sebelumnya kita harus memahami dulu TDL ( Tarif Dasar Listrik ) PLN yang selalu naik, bukanlah tarif sebenarnya yang akan kita bayarkan secara Ril, karena TDL hanya acuan dasar penerapan biaya yang sesungguhnya nanti. selain itu kit harus tahu bahwa Tarif Dasar Listrik PLN setiap Daya yang berbeda itu berbeda pula TDL nya. itu baru unsur-unsur tarif intern PLN.

Selain Tarif Dasar Listrik PLN yang berbeda beda untuk setiap daya meter, perlu dipahami pula unsur lain yang membuat tagihan anda menjadi bengkak, yaitu PPJ dari pemerintah (Pajak Penerangan Jalan) unsur ini bisa sampai 10% dari tagihan listrik ril tiap bulannya. Misal tagihan listrik kita Rp.1000.000,- setelah ditambah PPJ dengan asumsi PPJ 10% adalah 1.000.000 + (10% X 1.000.000) hasilnya tagihan kita akan melambung menjadi Rp.1.100.000,-

Dari unsur PLN ada juga biaya beban yang tarifnya berbeda-beda pula setiap golongan daya nya, dan satu lagi yang tersembunyi yang juga menjadi faktor melambungnya tagihan listrik PLN kita yaitu Beban Biaya Minimal Pemakaian 40Jam nyala dikali Daya Listrik Pelanggan diterapkan PLN (dengan unsur ini sekalipun Listrik kita matikan dalam sebulan penuh, Tagihan kita bisa mencapai dari 200.000/bulan. misal meter dengan Daya 3500VA yang dimatikan total dari Meterannnya akan tetap kena tagihan PLN sekitar rp.218.000/bulan (data dari pengalaman kami bulan agustus 2015)

Selain PPJ pajak penerangan jalan tadi untuk tagihan di atas Rp.250.000,-  pemerintah kita menerapkan lagi Pajak Materai sebesar Rp.3.000,-


Tidak berhenti disitu, ada unsur pihak ke3 yang membantu PLN dalam pengadaan loket pembayaran PLN agar pelanngan PLN tidak harus datang ke kantor PLN yang jaraknya mungkin bisa kiloan meter untuk daerah tertentu, kalo dulu hanya Kantor KUD (  koperasi Unit Desa  ) kalo sekarang lebih dominan dikelola Bank , dan sebagian Toko yang akan menerapkan biaya administrasi untuk jasa yang mereka berikan. kita ambil paling mudahnya aja, administrasi bank dikisaran Rp.3.000-Rp.5.000/tagihan listrik kita.

Nah setelah tahu unsur-unsur apa saja yang menyertai Jumlah Total tagihan Listrik kita, kita kembali dulu ke TDL ( Tarif dasar Listrik PLN ) yang membuat sebagian orang awam berprasangka kepada pengurus listrik Kolektif. sebelumnya saya mohon maaf apabila ada ketidak akuratan 100% dengan TDL yang saya cantumkan karena hampir tiap  bulan ada penyesuaiaan Tarif oleh PLN yang lebih cenderung berupa kenaikan TDL kalopun ada penurunan tarif hanya Rp1-Rp5 /kwh (bulan september 2015) jadi saya coba dengan acuan tarif terakhir bulan Juli 2015 saja.
TDL R-1 450VA adalah Rp.   /KWH
TDL R-1 900VA adalah Rp.  /KWH

TDL R-1 1300VA adalah Rp.  1.352/KWHTDL R-1 2200VA adalah Rp.   1.352/KWH

TDL R-2 3500VA adalah Rp.   /KWH
TDL R-2 5500VA adalah Rp.   /KWH
untuk datasnya saya pikir tidak usah saya cantumkan yang pasti lebih mahal

Maaf postingan ini masih dalam proses penyempurnaan, tapi saya tetap terbitkan segera karena inti-inti permasalahan yang sering timbul diakibatkan salah cara hitung Tarif Tagihan Listrik ini sudah terpapar di postingan ini.

Mudah-mudahan menjadi pencerahan bagi kita masyarakat pengguna Listrik PLN (PERUSAHAAN LISTRIK NEGARA) dan menjadi bahan evaluasi bagi PLN dan pemerintah untuk dapat menyesuaiakan dengan isi undang-undang NKRI.

Semoga ..